Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Streaming video supaya tidak lemot

Tips Ampuh Streaming Video

Saat ini Internet telah menjadi sebuah kebutuhan bagi kebanyakan orang. Hampir setiap saat, kita pasti membutuhkan jaringan Internet. Selain digunakan untuk browsing, ternyata internet juga sering digunakan untuk streaming video. tapi terkadang saat sedang asik streaming kita sering mendapati video yang buffering (Lemot).
Sumber : Facebook.com/Indihome
Apabila sudah buffering begitu, pasti sangat menyebalkan bukan?, niat baik ingin menghibur diri dengan streaming video favorit malah terganggu akibat video yang buffering (lemot). pada kesempatan kali ini kami akan membagikan beberapa tips streaming video supaya tidak lemot, semoga bermanfaat.

1. Rajin membersihkan cache di device

Tidak banyak orang yang tahu kalau cache  yang tersimpan bisa mengurangi performa dari ponsel yang sobat miliki. Awalnya akan mempercepat saat mengakses browser yang pernah dikunjungi sebelumnya, tapi setelah cache menumpuk menjadi banyak akan menghambat performa ponsel atau Laptop sobat saat ingin digunakan streaming.

Bagi sobat yang belum tahu, cache merupakan sebuah data yang sifatnya sementara, untuk mencatat semua aktifitas sobat saat menggunakan sebuah aplikasi. Jadi gak ada salahnya untuk menghapus cache agar performa ponsel menjadi lebih baik.

2. Menghapus aplikasi atau widget yang tidak dibutuhkan

Tahukah sobat, sebenarnya data internet tidak hanya terkuras saat sedang digunakan saja. pada kenyataannya ketika kita tidak sedang menggunakan ponsel, data internet akan tetap terus berjalan. Hal ini dapat terjadi apabila dalam ponsel atau laptop sobat banyak aplikasi yang otomatis aktif di background sistem.

Dengan adanya aplikasi yang otomatis aktif tersebut akan memperlambat koneksi internet yang sedang sobat gunakan untuk streaming, karena bandwith yang digunakan harus terbagi. Supaya tidak terjadi Buffering (Lemot) saat melakukan streaming video kami sarankan agar sobat menghapus beberapa aplikasi dan widget yang sudah tidak dibutuhkan.

3. Menggunakan sebuah Software untuk mempercepat koneksi Internet

Apabila sobat lebih suka streaming video melalui PC maupun komputer, tidak ada salahnya untuk menginstal software yang dapat mempercepat koneksi internet. Ada banyak sekali penyedia software untuk mempercepat koneksi internet. Mulai dari yang gratis sampai yang berbayar. 

Kalau sobat lebih suka streaming video melalui PC atau komputer, gak ada salahnya nih buat menginstal software yang bisa mempercepat koneksi internet. 

Ada banyak sekali software untuk mempercepat koneksi internet, mulai dari gratis sampai yang berbayar. Ada beberapa software yang sudah terbukti ampuh untuk mempercepat koneksi internet sobat saat streaming video. Contohnya seperti Flash Speed atau Bywifi Video Accelator.

4. Tersambung Internet yang cepat seperti Indihome

IndiHome Fiber adalah layanan digital terdepan dari Telkom Indonesia, yang sudah menggunakan teknologi fiber optik.