Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menjaga Koneksi Tetap Aman & Stabil

Menjaga Koneksi Tetap Aman Dan Stabil

Browsing, streaming, atau sekedar scrolling timeline media sosial menggunakan koneksi wifi memang masih jadi pilihan utama saat berada di rumah. Tapi, gimana kalau tiba-tiba koneksi jadi kurang stabil?

Sumber : Facebook.com/Indihome
Selain karena gangguan, salah satu penyebab koneksi kurang stabil juga berasal dari pemakaian internet yang tidak terkontrol atau terlalu besar, lho. Agar koneksi internet tetap aman dan stabil, berikut beberapa tips yang bisa Sobat coba.

1. Mengamankan koneksi internet dengan mengganti password wifi secara berkala

Ada bahaya yang mengancam keamanan komunikasi dan privasi setiap pengguna jaringan nirkabel ini. Karena setting defaultnya sering terlupakan untuk digantikan, ini yang membuat banyak akses WiFi berhasil digunakan orang tanpa ijin atau ada yang iseng membajaknya.

2. Membatasi perangkat yang terkoneksi

Jika Sobat tidak membatasi penggunaan Wifi untuk perangkat-perangkat tertentu, kemungkinan akan mengalami yang namanya ‘kelemotan’ saat sedang berseluncur di dunia maya. Mengapa? Sebab, banyaknya yang menggunakan Wifi akan membuat jaringan internet harus dibagi-bagi sesuai dengan jumlah perangkat yang terakses dengan Wifi Sobat.

3. Menggunakan resolusi video secukupnya dan sesuai kebutuhan saja

Menggunakan resolusi tinggi saat menonton video atau saat video conference dapat membuat penggunaan data tinggi. Faktanya, melakukan video conference dengan kualitas HD akan menghabiskan 1.35GB per jam. Jumlah ini melonjak tajam 2.4GB per jam jika memilih kualitas FHD. Jika kita meeting satu jam saja perhari selama senin-jum’at maka otomatis kita harus menyediakan 30GB per bulan.

4. Penempatan modem (Router) harus tepat

Ketinggian dan letak yang tepat akan berpengaruh, misalnya alangkah baik letakkan router pada tempat yang tidak dihalangi apapun. Adanya penghalang seperti barang yang menumpuk dan berserakan juga berpengaruh. Selain itu, perlu kita ketahui jika hidup di rumah yang dikelilingi cor atau beton. Hal sejenis itu akan sangat berpengaruh pada koneksi internet.