Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips bikin performa browser jadi makin cepat

Beberapa browser yang biasa kita gunakan bisa sering error karena terlalu berat untuk perangkat komputer dengan RAM yang rendah. Tapi, jangan langsung dihapus browser-nya! Ada beberapa tips yang Sobat bisa coba supaya performa browser favoritmu jadi makin cepat!

Sumber : Facebook.com/Indihome

1. Update browser secara reguler

Sobat sangat dianjurkan untuk tidak menggunakan versi browser yang usang (out-of-date) untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan.

2. Hapus plug-in atau ekstensi yang tidak dipakai

Terlalu banyak menggunakan plugin terkadang membuat kita merasa sudah tidak memerlukan plugin tersebut, selain karena untuk menghemat space hosting, alasan lainnya adalah kita telah menemukan plugin yang lebih baik dari yang digunakan saat ini.

3. Hapus cache dan cookies untuk mempercepat terbukanya browser

Tujuannya adalah untuk mempercepat dan memperlancar perangkat beroperasi serta mengurangi berapa banyak data yang diproses dan dikonsumsi.

Cache sangat berpengaruh ada kecepatan perangkat, baik dalam membuka aplikasi ataupun mengakses situs web. Jika data cache menumpuk, biasanya kecepatan perangkat akan menurun.

4. Hapus dan install ulang browser

Browser dapat menyebabkan masalah sesekali. Bisa mulai macet di tengah sesi atau berhenti bekerja sama sekali. Terkadang ia akan menolak untuk membuka atau menampilkan pesan kesalahan saat membukanya. Ketika masalah ini muncul, solusi terbaik adalah menghapus semua data Browser dari komputer Sobat dan instal ulang browser.

Meskipun simpel, cara-cara di atas bisa membantu performa browser Kamu jadi lebih optimal. Silakan dicoba ya, Sobat!