Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips menjaga data pribadi sobat

Hadirnya berbagai aplikasi dan layanan digital bikin aktivitas sehari-hari kita makin nyaman dan praktis. Namun, kita harus tetap waspada agar selalu aman. Salah satunya dengan melindungi data pribadi.

Sumber : Facebook.com/Indihome

Sobat tentu nggak mau dong, kalau data pribadinya disalahgunakan? Nah, sebagai pengguna pun, kita juga bisa menanggulangi resiko tersebut. Simak cara-caranya di bawah ini:

1. Gunakan password berbeda untuk berbagai aplikasi yang digunakan

Sebagian besar platform online memerlukan kata sandi untuk membuat akun dan seringkali menjadi satu-satunya bentuk keamanan yang digunakan untuk melindungi informasi pribadi apa pun pada platform.

Melihat keunikan kata sandi di seluruh platform, kurang dari setengah (48%) responden APAC menggunakan kata sandi yang serupa di seluruh platform.

Idealnya, tidak boleh ada pengguna yang menggunakan kata sandi yang sama di seluruh platform.

Hal itu sama saja dengan memberikan kemudahan bagi peretas karena dengan sekali dayung semua bisa mereka dapatkan.

2. Gunakan ‘strong password’ dengan kombinasi simbol, angka, huruf kapital dan huruf kecil.

Sobat mungkin bertanya-tanya mengapa saya membutuhkan password yang kuat ? Faktanya adalah meskipun mayoritas website sudah aman, namun selalu ada kemungkinan orang lain berniat jahat mencoba untuk mengakses atau mencuri informasi-informasi sobat. 

Tindakan seperti ini umumnya dikenal sebagai hacking (meretas). Kata sandi yang kuat adalah salah satu cara untuk mempertahankan akun dan informasi pribadi Sobat dari hacker.

3. Pakai perangkat lunak (software) yang legal

Perangkat lunak yang tidak berlisensi seringkali disusupi malware atau masalah keamanan lain, sehingga data pribadi sobat sangat rentan diretas.

4. Hindari membuka tautan tak dikenal

Phishing mengacu pada upaya penipuan untuk mendapatkan informasi pribadi dari Sobat.

Penipu menggunakan berbagai cara seperti, email dan teks tiruan, iklan pop-up yang menyesatkan, unduhan palsu, spam kalender, bahkan panggilan telepon tipuan untuk mengecoh sobat agar memberikan informasi pribadi.

Data yang aman berarti kegiatan digital juga nyaman. Selalu ingat untuk berhati-hati, yuk, Sobat!