Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Game Bagi Anak

Beberapa tahun belakangan, olahraga elektronik atau Esports makin banyak peminatnya. Turnamen dengan hadiah besar juga sudah banyak digelar, seperti IndiHome Esports League dan bahkan masuk cabang olahraga di Asian Games 2018.

Sumber : Facebook.com/Indihome

Bukan cuma main game biasa, ternyata Esports juga punya manfaat untuk anak. Apa aja, sih?

1. Meningkatkan kemampuan kognitif

Secara umum kognitif bisa diartikan sebagai kemampuan dalam mengembangkan potensi akal. Ada beberapa poin yang menjadi tahapan dalam kemampuan kognitif ini. Antara lain pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis, dan evaluasi.

Menariknya, kemampuan kognitif adalah sesuatu yang bisa dikembangkan dan dilatih. Baik oleh seorang anak, maupun bagi mereka yang sudah dewasa.

2. Meningkatkan kemampuan memori

Seiring bertambahnya usia, kemampuan otak pun semakin menurun. Apalagi ditambah kebiasaan-kebiasaan tak sehat seperti kurang asupan nutrisi dan stres, kemampuan otak untuk berkonsentrasi dan mengingat pun makin lama makin berkurang.

Namun, dengan sejumlah upaya, seseorang bisa meningkatkan daya konsentrasi dan memorinya. Selain asupan nutrisi yang baik, permainan-permainan yang melatih daya ini juga mampu membantu.

3. Melatih kordinasi mata dan tangan

Koordinasi mata dan tangan adalah kemampuan motorik yang berkembang secara bertahap semenjak anak baru lahir hingga berusia 7 tahun. 

Pada masa-masa seperti ini, anak banyak mengalami momen tumbuh kembang yang penting.

4. Belajar handal multitasking

Kemampuan multitasking merupakan hal yang sudah selayaknya dimiliki, dengan adanya kemampuan tersebut, anak bisa semakin produktif dan mampu menyelesaikan baik masalah atau tanggung jawab dengan lebih baik.

5. Belajar menyelesaikan sebuah masalah

Pada suatu permainan game pasti terdapat teka-teki untuk segera di selesaikan. Dengan adanya hal itu maka otak kita harus memikirkan sebaih ide agar menyelesaikan teka-teki tersebut.

Setiap tindakan untuk bermain game pasti tidak selamanya berjalan lancar dan mengulangi kembali agar bisa menyelesaikan misi sebuah game.

Nah, walaupun punya banyak manfaat, tetap pantau aktivitas si kecil saat bermain game, ya!