Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Merawat Komputer

Punya perangkat komputer atau PC di rumah pasti membantu banyak hal Mau yang spesifikasinya tinggi atau pun rendah, Sobat pastinya mau perangkat komputer panjang umur atau awet digunakan.

Sumber : Facebook.com/Indihome

Lalu, gimana sih agar perangkat komputer di rumah bisa awet untuk digunakan?

1. Menjaga aliran listrik yang terhubung

Bahaya listrik dapat disebabkan kepada setiap orang yang tersengat aliran listrik baik secara langsung ataupun tidak. 

Peralatan listrik yang rusak juga dapat menyebabkan kebakaran yang akan menimbulkan kerugian, siapapun bisa terkena bahaya listrik saat bekerja dan semua orang harus dibuat sadar akan bahaya tersebut.

2. Bersihkan file yang tidak perlu

Ada banyak masalah yang dapat memperlambat komputer Sobat, bahkan file sampah yang tidak begitu penting dapat memperlambat sistem jika jumlahnya banyak. 

Jika Sobat menjalankan sistem operasi Windows di komputer, baik Windows 7, Windows 8 atau 10, ada banyak cara untuk membersihkan sampah file dengan mudah dan aman.

3. Gunakan antivirus

Antivirus adalah sebuah program applikasi yang berfungsi untuk mendeteksi dan membasmi program-program perusak, yang disebut malicious code pada perangkat komputer. 

Jika database antivirus tidak mampu membasmi suatu malicious code, maka biasanya antivirus akan mengkarantina program perusak tersebut.

4. Hapus aplikasi yang tidak dibutuhkan

Coba hitung deh, berapa banyak aplikasi yang terpasang di komputer sobat? Kemudian, apakah semua digunakan secara rutin? Pada kenyataannya, kita tidak menggunakan semua aplikasi yang terpasang di komputer. Sebagian di antaranya bahkan tidak kita ketahui fungsinya. Ngaku deh!

Aplikasi-aplikasi itu hanya akan memenuhi penyimpanan dan bahkan membuat komputer jadi lebih lemot. Maka dari itu, akan lebih baik jika Sobat menghapusnya.