Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Tetap Sehat Walau Sibuk Bekerja

Kesibukan sehari-hari yang menyita banyak waktu, kadang membuat kita jadi lupa untuk tetap menjaga pola hidup seimbang, agar tetap sehat dan bugar. 

Sumber : Facebook.com/Indihome

Nggak heran kalau deadline kerjaan jadi buat kita mengesampingkan pentingnya menjaga kesehatan.

Jadi, bagaimana tips agar Sobat tetap sehat meski di tengah kesibukan saat bekerja di rumah? 

1. Luangkan waktu untuk berolahraga

Olahraga menjadi salah satu kunci sehat. Karenanya manfaatkanlah sedikit waktu dalam keseharian kita untuk berolahraga. 

Lebih lagi bagi sahabat Stemians yang punay kesenangan berlama-lama di depan komputer dan hobi berselancar di internet selama berjam-jam. Pada kondisi seperti ini, tentunya tubuh kita tidak melakukan pembakaran kalori yang cukup.

2. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang

Asupan gizi seimbang adalah salah satu faktor penting yang berperan dalam menunjang kesehatan seseorang. Sekadar memenuhi rasa lapar, tidaklah cukup. Saat mengonsumsi makanan, gizi seimbang haruslah diperhatikan.

Untuk memperoleh gizi seimbang, diperlukan konsumsi dari berbagai kelompok makanan yang berbeda. Makanan tersebut idealnya terdiri beragam jenis nutrisi, termasuk protein, karbohidrat, lemak, serat, mineral, dan vitamin

3. Perbanyak minum air putih

Manfaat minum air putih ternyata bukan hal remeh, seperti yang banyak dikira orang. Manfaat minum air putih adalah untuk mencegah dehidrasi tubuh, menjaga kesegaran kulit, melindungi saraf dan jaringan tubuh, serta mendukung otot dan sendi.  

4. Memperbaiki postur duduk saat bekerja

Bekerja dalam waktu lama di kantor terutama dalam kondisi duduk bisa membuat postur tubuh kamu menjadi buruk. 

Kebiasaan postur tubuh yang tak tepat merupakan salah satu penyebab utamanya. Postur duduk yang benar ini dapat bermanfaat pada kesehatan dan aliran darah.

5. Tidur dan istirahat cukup

Manfaat tidur cukup bagi kesehatan memang tidak boleh disepelekan. Tidur yang cukup memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh kamu. Walaupun kamu telah menerapkan pola makan yang sehat dan olahraga yang teratur, jika tidak diikuti dengan tidur yang cukup, maka semua itu akan sia-sia.

Bahkan kurang tidur dapat menyebabkan berbagai penyakit serius, seperti diabetes, penyakit jantung, obesitas, sleep apnea, hingga kematian dini. Oleh karena itu, tidur yang cukup selama 7 hingga 8 jam setiap harinya wajib dipenuhi oleh orang dewasa dan lansia.

6. Konsumsi multivitamin

Multivitamin yang baik diharuskan mengandung nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti vitamin D, vitamin C, vitamin B kompleks terutama vitamin B12 dan folat, kalsium, magnesium, zinc, dan zat besi. Meski demikian, 

Sobat dianjurkan tidak asal dalam mengonsumsi multivitamin, terutama untuk mengobati kondisi-kondisi medis tertentu.

Yuk, ikuti tipsnya dan jaga kesehatan Sobat agar bisa tetap produktif.