Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Hemat Kuota Internet

Tips Hemat Kuota Internet

Kelihatannya memang sepele sih, tapi running apps dan beberapa fitur di smartphone kita sebenarnya membutuhkan data internet yang cukup besar, lho.
Sumber : Facebook.com/Indihome
Apalagi kalau jumlah smartphone yang terkoneksi ke wifi dalam satu rumah lumayan banyak. Nah, biar koneksi internet Sobat tetap aman sampai akhir bulan, simak tips berikut, yuk!

1. Menutup semua aplikasi berjalan ketika smartphone tidak digunakan

Saat sobat menjalankan sebuah aplikasi, aplikasi akan terus berjalan di latar belakang atau background, bahkan setelah sobat tidak menggunakannya lagi dan beralih ke aplikasi lainnya

2. Menonaktifkan fitur auto-update apps

Bagi sebagian orang mungkin hal ini bukanlah masalah besar, namun sebagian orang mengalami masalah terkait dengan ter-enable-nya fitur auto update pada google play store. 

Masalah yang sering dialami misalnya saja baterai yang cepat habis atau yang paling parah, penggunaan pulsa internet yang jebol karena fitur auto update tidak memandang apakah internet yang digunakan bersumber dari WiFi atau paket data.

3. Uninstall apps yang tidak terlalu sering digunakan

Kebutuhan setiap orang akan aplikasi pun berbeda-beda, tergantung pada karakter dan jenis aktivitas hariannya.

Namun ada kalanya smartphone Sobat mengandung terlalu banyak aplikasi yang sebenarnya tidak begitu dibutuhkan dan jarang digunakan.

4. Menggunakan resolusi secukupnya saat streaming video

Perlu diketahui bahwa tiap setting kualitas video  memiliki bitrate yang berbeda, menggunakan resolusi tinggi saat menonton video dapat membuat penggunaan data internet tinggi.

5. Menonaktifkan fitur autoplay aplikasi media sosial

Mematikan autoplay video pada media sosial sobat akan mengurangi jumlah data yang digunakan saat membuka laman media sosial.